Advertise

Advertise

Advertise

Advertise

Advertise

Advertise

Advertise

Advertise

Advertise

Advertise

Advertise

Mesin Pembakaran Luar

Mesin Pembakaran Luar atau External Combustion adalah mesin yang bekerja dimana letak pembakarannya terletak pada dinding bagian luar. Dan membakar sebuah tabung berisi air dan memanaskannya / merubah menjadi uap, dan dikoneksikan pada sebuah tuas pengangkat, lalu merubahnya menjadi tenaga mekanik atau tenaga gerak

Atau dalam istilah lain mengubah energi panas menjadi energi mekanik atau energi gerak.

Contoh mesin yang menggunakan sistim Pembakaran Luar / External Combustion adalah Mesin Uap, seperti Kereta Api Uap, Kapal Uap dll.

Pada jaman modern Mesin Uap digunakan pada Reaktor Nuklir. Tanpa Mesin Uap, Reaktor Nuklir tidak akan akan berguna, tidak akan dapat menghasilkan listrik. Tanpa Mesin Uap, Reaktor Nuklir tidak lebih dari sebuah tungku panas saja.

Mesin uap sebenarnya lebih efektif dibanding dengan Mesin Pembakaran Didalam atau Internal Combustion, dan lebih bersih serta bebas polusi. Mesin uap tidak membutuhkan suatu Bahan Bakar khusus untuk menghasilkan panas. Bisa bahan bakar apa saja yang penting bisa menghasilkan panas untuk mengubah air menjadi uap. Kadar oksigen yang dibutuhkan hanya dalam proses membakar bahan bakarnya saja. Tapi oksigennya sendiri tidak terbakar. Hal ini menjadikan Mesin Uap jauh lebih bersih dan bebas polusi.

Akan tetapi Mesin Uap membutuhkan sebuah ruangan mesin yang cukup besar, disamping ruangan penyimpanan bahan bakar yang besar pula. Hal ini lah yang menjadikan mesin uap menjadi kurang disukai terutama untuk mesin-mesin kompak seperti mobil.

Mesin uap sebenarnya sudah diketemukan jauh-jauh hari sebelum James Watt lahir. Tepatnya 300 th sebelum masehi, Mesin Uap pertama ditemukan oleh seorang warga Yunani bernama Hero, dari Alexandria.

Akan tetapi Hero tidak mengembangkan penemuannya ini menjadi sebuah mesin yang berguna, dia hanya membuat Mesin Uap ini sebagai mainan saja.

Setelah itu bermunculan para ahli yang membuat berbagai desain mesin yang menggunakan prinsip kerja Mesin Uap. Tapi semua itu tidak terealisasi dengan baik.

Baru pada th 1769, James Watt yang meng-hak paten-kan Mesin Uap rancangannya.

Sejak itu terjadi suatu revolusi besar dibidang mesin, berbagai macam rancangan mesin uap tercipta. Semua orang berlomba-lomba mendesain mesin untuk berbagai keperluan.

Mesin-mesin uap mulai banyak berkiprah disektor industri, sampai pada akhirnya seseorang menciptakan sebuah mesin baru dengan Sistim Pembakaran Didalam / Internal Combustion.
Dimana mesin ini jauh lebih kompak dan praktis. Sehingga kemudian berangsur-angsur orang mulai meninggalkan Mesin Uap / External Combustion dan beralih ke Mesin Internal Combustion / Mesin Pembakaran Didalam.

Mesin internal combustion / mesin pembakaran didalam berkembang dengan pesat sampai sekarang. Berbagai desain dan inovasi di-ciptakan untuk membuat mesin internal combustion / mesin pembakaran didalam semakin sempurna.

Contoh mesin Internal Combustion / Mesin Pembakaran Didalam yang paling populer adalah mesin Mobil, serta Mesin-mesin yang digunakan pada jaman sekarang ini.

1 komentar:

ARIS MALZUMUL mengatakan...

artikelnya bagus
trimakasih

Posting Komentar

 

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Tukar Link

Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali

montirku dot com

Advertisement

Advertisement

Pengikut